Wednesday, April 23, 2014

Ali: Dibalik Kisahku “Fakultas SC Program Studi KSR”

Mahasiswa atau Pelajar tugas utamanya adalah belajar. Itu sudah pasti. Tapi kamu pernah dengar “Fakultas SC Program Studi KSR”? mungkin jarang atau belum pernah.Tapi inilah kisahku, “Fakultas SC Program Studi KSR” dimana Aku menemukan pengalaman baru, Ilmu serta serentetan seputar dunia Sosial-Kemanusiaan PMI. 

Ketika Propesa/Ospek, ada Mahasiswa yang menggunakan rompi PMI yang sedang menolong Mahasiswa baru. Aku pun jadi teringat semasa SMA ku dulu. Aku terobsesi dengan UKM KSR PMI. Tujuan utamaku masuk UKM ini adalah aktif di PMI dan berbagi ilmu kepada adik-adik PMRku (dahulu daerahku merupakan daerah pemekaran “Kota Tangerang Selatan” dan informasi PMR masih minim, pelatihku saja dari Puskesmas). UKM KSR PMI yang ku geluti sudahi barat jurusan yang keduaku. Dalam keluarga besar SC (Student Center), Aku anggap sebagai “Fakultas” yang mempunyai banyak “Program Studi” alias sejumlah UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) wadah mengasah minat, bakat dan kreatifitas Mahasiswa. 

Kira-kira tahun 2010, barulah Aku mengikuti Diklat dasar KSR. Aku mengira setelah daftar, dapat langsung bergabung. Akan tetapi tidak semudah itu ternyata!, Aku harus melewati tahapan untuk menjadi Anggota Penuh KSR. Rangkaian tersebut, dimulai Diklat Indoor, Outdoor, kemudian Anggota Muda dan barulah dilantik Anggota Penuh. “Balang” kata itu merupakan panggilanku saat menjadi Calon Anggota KSR, mungkin kalau orang salah dengar bisa terucap “Belalang” atau “Talang”. Usai Diklat dasar, kemudian Aku dilantik menjadi AnggotaMuda/AMD. Banyak sekali serangkaian pengabdian yang kujalani,seperti mengulas kembali materi-materi diklat dasar guna pengembangan kemampuan dan kapasitas, fasilitator/asisten fasil PMR, tim kesehatan, kemudian keikutsertaan dalam pelatihan PMI atau piket Ambulance 24 jam di PMI Kota Jakarta Selatan, dan sebuah Event Organizer, dimana konten acaranya merupakan ide, kreativitas dan inovasi Anggota Muda. Bergabungnya Aku dalam dunia PMI, tentunya sangat bangga lahir dan batin sekali. Tapi dibalik itu semua, Aku juga mempunyai hambatan, walaupun itu kecil tapi kelak akan menentukan masa depanku yaitu perkuliahanku. Pengontrolan serta manajemen waktu merupakan prioritas utamaku.Statusku, sebagai Anggota KSR PMI Unit Perguruan Tinggi tidak semudah yang ku bayangkan.Disamping berlatih, diskusi, simulasi materi ataupun membantu orang lain, Aku juga memiliki tugas utama yaitu belajar dan kuliah!. Aku yakin dengan niat yang mantap, hati yang suci serta tujuan yang baik, Insya Allah urusan akademik maupun aktivitas organisasi akan berjalan dengan baik. 

Pengalaman terjun dalam bencana merupakanTugas Kemanusiaan yang tidak akan dilupakan. Ada banyak pelajaran berharga disana.Aku dapat mengaplikasikan kemampuanku disana,baik materi perkuliahan maupun materi KSR. 

Selang waktu berjalan, tibalah Aku di semester akhir. Dimana ada tugas dan kewajibanku yaitu skripsi.Walau ada beberapa kegiatan yang dikurangi, tapi Aku tetap fokus dan bila cukup aku aktif di PMI. Aku cukup bangga dapat bergabung di PMI, terlebih menjadi anggota KSR. 

Komitmen, Saling berbagi danRela membantu sesama.Semangat perjuangan belajar kuliah sambil aktif di PMI, cukup membuahkan hasil nyata. Alhamdulillah, perjalanan aktif di PMI sambil kuliah, nilaiku mendapatkan hasil sangat baik dan Aku lulus dengan mendapat predikat penghargaan sebagai Wisudawan terbaik di tingkat Program Studi. Semoga prestasi yang didapat ini semakin termotivasi dan perjalanan membantu tugas suci PMI ini akan tetap berlanjut.

No comments:

Post a Comment