Tuesday, April 22, 2014

Nurul : Pentingnya Nilai Kemanusiaan Dan Solidaritas Dalam Jiwa Setiap Manusia

Berawal dari keadaan lingkungan sekolah SMPN 1 Cariu Bogor yang dalam kesehariannya tak lepas dari problematika didalamnya terutama menyangkut pola tindak prilaku siswa dan siswi didalamnya. Hal-hal menyangkut kesehatan siswa dan siswi selama berada dalam proses kegiatan belajar mengajar sehari-hari tak luput dari berbagai hal yang mengancam kesehatan siswa dan siswi itu sendiri. Adakalanya siswa dan siswi mendadak sakit,terluka karena perkelahian dengan teman lainnya,terluka karena kecerobohannya sendiri,kecelakaan dan lainnya. Dari permasalahan-permasalahan tersebut yang terjadi di sekolah SMPN 1 Cariu Bogor tempat saya mengajar menjadi alasan kuat saya selaku guru honor yang mana diberikan kepercayaan oleh Kepala sekolah saya untuk dapat menjadi seorang pembina PMR. Saya menerimanya dengan senang hati karena bagi saya itu adalah amanah yang baik sekali. Dimana didalam menjalankannya perlu kerelaan dengan hati nurani yang tulus selain memberikan ilmu yang kelak bermanfaat bagi anak dikemudian hari sekaligus insyallah menjadi ladang ibadah saya sebagai manusia yang harus hidup bersosialisasi. 

Alhamdulillah sampai saat ini banyak pembelajaran yang saya dapat selaku pembina pmr,pribadi saya lebih peka pada tindakan sosial,kedisiplinan saya bertambah,selalu ingin hidup rapi dan bersih. Alhamdulillah antusias siswi SMPN 1Cariu dalam hal menjadi anggota PMR sangat besar sehingga hal tersebut memberikan motivasi yang kuat kepada saya untuk bisa melatih mereka semua. Dalam kegiatan pembinaan PMR disekolah saya berusaha memberikan materi-materi PMR dengan penyajian yang menarik,disamping itu ada kegiatan praktiK disetiap bulannya untuk melatih mereka semua dalam mengaplikasikan Tri Bakti PMR. Selain itu saya mengajak mereka semua untuk mencintai lingkungan sekolah mereka sendiri dengan cara menanam berbagai macam khususnya tanaman obat-obatan tradisional,karena bagi saya pengetahuan obat tradisional sangatlah penting disamping P3K. Begitupun keterampilan mereka dalam memasak terutama siswa karena berguna sebagai salah satu bentuk penanggulangan bencana dalam hal menyediakan bantuan makanan pada korban selain keterampilan perawatan pada korban,oleh karena itu resep masakan apapun yg saya bisa telah saya ajarkan kepada mereka. 

Tak hanya obat-obat tradisional tapi saya perkenalkan juga kepada mereka alat-alat medis seperti stetoskop,tensi darah baik manual maupun digital,termometer,hammer penentu sambungan sendi,dan lainnya. Keterampilan membuat poster berkaitan dengan kegiatatan PMR pun saya ajarkan agar mereka bisa berkreasi baik tulisan maupun gambar terlebih menjadi kebanggaan bagi mereka pribadi yang karyanya ditampilkan pada mading PMR bisa menjadi motivasi hal positip bagi orang lain terutama bagi teman sebayanya yang membacanya. Tujuan saya satu, bisa memajukan PMR SMPN 1 Cariu Bogor sebagai salah satu alat bulan sabit Palang Merah Indonesia baik dimata masyarakat bangsa dan negara Indonesia,amin.

No comments:

Post a Comment