Wednesday, April 23, 2014

Jawanri: Indahnya berbagi bersama PMI



Hidup itu adalah bagaimana menjadi berkat terhadap orang lain. Bisa berbagi denga sesama juga merupakan sikap yang mulia. Berbagi terhadap orang lain tidaklah harus uang atau barang atau jasa saja. Sikap berbagi yang benar adalah memberikan apa yang bisa kita berikan dengan tulus kepada orang lain.  Pengalaman pribadi bersama PMI adalah saat aksi donor darah di kampus Universitas Riau, Kota Pekanbaru. Pada awalnya hanya mengikuti ajakan teman untuk ikud donor darah, yang katanya donor darah itu sangat baik untuk kesehatan.

Bagiku donor darah adalah tindakan ibadah karena bisa menolong orang lain yang mungkin sakit dan sangat membutuhkan pertolongan penambahan darah. Ternyata, kegiatan donor darah ini sukarela, namun banyak keuntungan yang saya dapatkan, menjadi tahu bahwa golongan darahku rupanya A positif, cek kesehatan gratis juga.  

“Tekanan darah  134  mas, anda sehat !” kata petugasnya. Setelah cek kesehatan usai, dan layak untuk donor, saya menunggu agak deg-deg’an, mungkin karena perdana.  Kemudian, petugas menyuruh masuk ke dalam bus  besar dan panjang PMI yang berwarna merah itu, di dalam bus  dengan senyum yang tulus petugas itu, (mungkin beliau dokternya),  mengajak untuk berbaring di ranjang yang sudah disiapakan. “udah pernah donor mas ?”, Tanya petugas itu. Dengan setengah takut, “belum pak, ini yang perdana”, cetusku dengan cepat. “ Owh, tak apa-apa, rileks aja ya mas” ucapnya lagi sambil mempersiapakan kantong dan mungkin itu jarumnya karena saya tak berani melihatnya. Hehehe, kirain sakit atau nyeri. Ehh..

Rupanya biasa saja, namun  darah itu terasa mengalirnya dari tubuh ke dalam kantong. Tak lebih 10 menit, kantong tadi sudah penuh dengan darah segar. hatipun lega karena donornya berjalan lancar. Hatiku berkata, “terima kasih Tuhan memberikan aku kesehatan sehingga bisa berbagi dengan orang lain. Darahku tadi kupersembahkan untuk setiap orang yang membutuhkanya”. “Saya tulus memberinya untuk siapa pun”. Itu pengalaman tahun 2012 yang lalu, sekarang saya sudah menjadi salah satu pendonor darah di PMI kota Pekanbaru.

Terimaksih PMI yang telah memfasilitasinya sehinga saya dapat berbagi kasih kepada orang lain lewat donor darah ini. Menurut saya, PMI adalah organisasi yang sangat luar biasa karena mampu  menolong orang-orang yang sangat banyak membutuhkanya. Menjadi relawan di berbagai daerah yang terkena bencana alam, longsor, banjir dan lain sebagainya. Semoga PMI semakin lebih baik dan terus maju serta melayani setulus hati untuk Indonesia dan dunia. Mari dukung PMI, dengan donor darah karena setetes darah anda sangat berarti bagi orang lain.


No comments:

Post a Comment