Thursday, May 1, 2014

Andika: Donor Darah

Kalian pasti tahu Donor Darah kan teman-teman? Donor Darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di Bank Darah yang kemudian digunakan pada transfusi darah. 

Nah sekarang, pernahkah kalian melakukan Donor Darah? Kalau pernah, Apa sih yang membuat kalian ingin Donor Darah? Pasti diantara kalian punya alasan yang berbeda. Ok saya yakin pasti alasan kalian sangat mulia semuanya. 

Setelah saya survey teman saya teman-teman, ternyata rata-rata alasan mereka donor itu, karena : 

1. Sebagai bentuk kepedulian, dengan donor dapat menyelamatkan nyawa orang, 

2. Sebagai wujud syukur kita, karena diberi kesehatan, 

3. Naluri yang mengatakan “suatu saat nanti, entah kapan, pasti kita, orang tua kita, keluarga kita, dan saudara kita pasti ada yang butuh donor, oleh karena itu kita juga harus donor”. 

4. Banyak manfaatnya, salah satunya dapat makanan dan souvenir gratis, dan tentunya masih banyak yang lain. Teman-teman beruntunglah kalian yang pernah melakukan Donor Darah atau bahkan rutin. 

Kenapa saya katakan beruntung? Tahu gak sih, Donor Darah itu ternyata banyak sekali manfaatnya. Bukan hanya untuk penerima saja loh, namun juga untuk pendonor teman-teman. Apa saja sih manfaatnya, yuk simak bersama! Pertama yah teman-teman, buat pendonor, yang semula tidak tahu golongan darahnya apa, nanti jadi tahu, kok bisa? Karena sebelum di ambil darahnya, pasti di cek dulu golongan darah kita apa. Kedua nih teman-teman, bagus banget buat tubuh kita loh, mesti kaget yah? Gini nih, Donor Darah itu dapat membakar kalori, jadi yang gemuk karena rutin Donor Darah, bisa jadi langsing loh. 

Ada lagi manfaat buat tubuh kita yaitu melindungi jantung, memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan kerja otak, memperbarui sel darah baru dan lain-lain yang tentunya sangat bagus untuk tubuh kita. Tuh kan, banyak banget manfaat donor darah, jadi kalian yang sudah pernah donor itu beruntung banget teman-teman. Nah sekarang manfaat buat yang menerima donor nih, tentu juga sangat banyak, dan saya yakin pasti kalian sudah tahu semua, iya kan? 

Yuk simak lagi manfaatnya! Pertama, tentu akan menyelamatkan nyawa orang lain, iya gak teman-teman? Iya dong, misal begini, teman kalian kecelakaan dan kehabisan darah, dan butuh tambahan darah untuk menyelamatkan nyawanya, nah dengan adanya donor darah mesti nyawa dia dapat tertolong kan. Karena nyawanya tertolong itu, pasti umurnya juga akan panjang kan, karena umurnya panjang itu, kita juga sudah membahagiakan orang kan? Jadi kalau dalam peribahasa itu, sekali dayung 2/3 pulau terlampaui. Wah keren kan.. so Jangan Takut Donor Darah, karena Donor Darah Menyelamatkan Banyak Jiwa.

No comments:

Post a Comment