Thursday, May 1, 2014

Endah: Pengalaman Baru, Pertama, Manis, dan Berkesan Bersama Kalian, BFO Jogja

“Cerita ini Endah persembahkan kepada teman-teman dikomunitas Blood for Others Jogja (BFO Jogja). Cerita ini Endah buat sebagai ungkapan terimakasih kepada kalian semua yang telah memberikan Endah banyak pelajaran, pengalaman, dan yang paling penting benar–benar mengajari Endah indahnya berbagi dan membantu sesama.” 

Endah tidak ingat dengan jelas bagaimana Endah tergabung dalam komunitas ini. Semua mengalir begitu saja.Tanpa terasa hampir dua tahun Endah bersama dengan kalian, dalam komunitas BFO Jogja. 

Terlebih dahulu Endah ingin menjelaskan sedikit tentang komunitas ini. BFO (Blood for Others) merupakan salah satu komunitas sosial non–profit yang bergerak dalam sosialisasi ke masyarakat pentingnya berdonor darah. BFO terdapat beberapa kota besar di Indonesia, salah satunya di Jogja. Selain itu, BFO juga membantu mencarikan pendonor bagi para pasien yang membutuhkan. Khususnya pasien anak kanker di RSUP Dr. Sardjito. Mengapa pasien anak kanker? Ya, karena pasien kanker mayoritas rutin membutuhkan transfusi, terutama ketika kondisi drop dan mayoritas pasien kanker yang dirawat di RSUP Dr.Sardjito adalah anak-anak. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk pasien lain yang membutuhkan. 

Selanjutnya, Endah ingin menceritakan tentang pengalaman Endah bersama dengan mereka. Hal pertama yang Endah alami yaitu menjadi penanggung jawab (PJ). Tugas utama dari PJ yaitu menghubungi para pendonor sukarela yang telah masuk dalam database BFO Jogja. Pendonor sukarela dihubungi ketika ada pasien yang membutuhkan, dan bersifat tidak memaksa. 

Ketika Endah dipercayakan menjadi PJ, Endah merasa memiliki tanggungjawab atas kelangsungan hidup seseorang, walaupun Endah sadar hal tersebut adalah kuasa – Nya. Suatu hari, ketika Endah sedang giat menghubungi para pendonor, tersiar kabar bahwa pasien yang sedang kita carikan pendonor tersebut dipanggil Yang Maha Kuasa. Jujur, seketika itu Endah diam, dan merasakan ada yang aneh. Ya, jujur, Endah pertama kali ini merasa sedih dan timbul rasa shock mendengar kabar duka cita dari seseorang yang secara pribadi tidak Endah kenal. 

Selanjutnya, Endah dipercaya menjadi penanggung jawab pada acara spirit of sharing BFO Jogja. Acara tersebut merupakan bakti sosial untuk pasien anak kanker. Acara tersebut membuat Endah bisa melihat dan mengenal lebih dekat pasien kanker anak. Senangnya melihat mereka tersenyum, bercanda, dan terhibur dengan kehadiran kita. Lagi–lagi itu menjadi pengalaman pertama di hidup Endah. 

Pengalaman pertama lainnya, yaitu turun langsung ke jalan untuk sosialisasi pentingnya berdonor darah. Sosialisasi ini biasa kita lakukan di malam minggu atau ketika ada acara–acara sosial di Jogja. Hasil dari sosialisasi tersebut kemudian dimasukkan dalam database sebagai pendonor sukarela yang siap kami hubungi. 

Kemudian pengalaman pertama yang paling berkesan di BFO yaitu donor darah perdana Endah. Endah merasakan senang yang luar biasa ketika jarum telah terpasang di lengan Endah dan darah Endah mulai mengisi kantung darah. “Alhamdulillah, akhirnya lolos donor juga setelah bertahun tahun gagal donor”, ujar Endah. 

Pengalaman Endah di BFO Jogja ternyata sebagian besar adalah pengalaman baru dan pertama di hidup Endah. Selain itu, hari–hari bersama kalian akan menjadi hal yang termanis dan tak terlupakan untuk Endah. Terimakasih semuanya.Terimakasih kawan–kawan BFO Jogja.Begitu banyak pengalaman dan pelajaran yang Endah dapatkan bersama dengan kalian.

No comments:

Post a Comment