Friday, May 2, 2014

Revi: Terima Kasih Palang Merah, Semangatmu Selalu Menginspirasiku

Aku seorang mahasiswa tingkat akhir yang kuliah dengan jurusan yang kusukai, jurusan ini tentunya akibat dulu aku yang aktif dalam kegiatan palang merah. Sedikit bercerita, dulu aku adalah seorang ketua atau komandan Palang Merah Remaja (PMR) unit SMAN 3 Cimahi dan salah satu anggota FORPIS (Forum Remaja Palang Merah Indonesia) Kota Cimahi. Kenapa bisa? 

Awalnya ketika aku masuk SMAN 3 Cimahi,kemudian mengalami masa orientasi peserta didik, saat itu hari ketiga masa orientasi hari dimana semua ekstrakurikuler memamerkan keahlian dan kegiatannya. Semua terlihat biasa menurutku ada ekskul olahraga, kesenian dan lain sebagainya, aku belum tertarik satupun untuk masuk pada salah satu ekskul ketika melihat apa yang dipertujukannya. Tiap ekstrakurikuler beraksi 10 sampai 15 menit. Saat penampilan kedua terakhir, tiba-tiba aku mendengar suara mencekam dari speaker di lapangan siswa dibariskan, suara yang identik dengan terjadinya bencana. 

Kemudian suara tersebut disusul dengan kemunculan senior yang menampilkan ekstrakurikuler PMR, wah aku terkesima melihat seragamnya. Seragam putih dengan logo PMI di tangan kirinya, kemudian mengenakan syal berwarna kuning. Seragam putih rapih dengan berbagai atribut yang digunakan, memancarkan ketertarikan dan aura tersendiri aku mengenal ekstrakurikuler ini, mereka memperlihatkan bagaimana melakukan pertolongan pertama dan bagaimana cara membuat tandu, juga menerangkan berbagai kegiatan yang dilakukan, sesaat aku kagum dengan ekstrakurikuler ini karena baru saat itu aku tahu kalau ekstrakurikuler ini cukup keren. 

Aku langsung ikut ekstrakurikuler ini, aku semakin bersemangat dan antusias bergabung di PMR. Selama diPMR aku mengenal berbagai kegiatan keren yang dilakukan selain dari apa yang pernah dipertontonkan saat masa orientasi. Aku mulai mengenal berbagai materi Pertolongan Pertama (PP), Perawatan Keluarga (PK), Pendidikan Remaja Sebaya (PRS), sejarah dan struktur organisasi di PMR serta yang paling membuatku kagum adalah ternyata ekstrakurikuler yang strukturnya sampai tingkat internasional itu hanya ada 2 yaitu PMR dan PRAMUKA. Aku paling suka materi tentang kebencanaan, kita di didik untuk tanggap terhadap bencana, membuat jalur evakuasi dan potensi bencana serta lain sebagainya. Dan kegiatan yang paling aku sukai dalam PMR adalah Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA),sebuah kegiatan evaluasi PMR dimana kita dapat bertemu teman-teman PMR lain yang ada di seluruh Indonesia. 

Dalam JUMBARA aku pernah menjadi perwakilan dari kontingen kota Cimahi dan meraih peringkat terbaik ke-5 dari sekitar 26 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat. Aku kira PMR itu keren karena berbagai kegiatannya yang banyak menginspirasi hidup tentang kepedulian pada sesama manusia, hal itu tercermin dari berbagai kegiatannya seperti donor darah, relawan bencana dan lain sebagainya.Disitu kita bisa belajar menjadi manusia yang peduli. Karena aku suka materi bencana, aku kuliah sekarang di jurusan Pendidikan Geografi di universitas negeri diBandung, disitu aku belajar mengenai pemetaan dan kebencanaan, aku berniat membagi inspirasi dan smangat PMR ku ini ketika aku menjadi guru geografi. 

Aku pernah ditawari menjadi relawan Korps Sukarela (KSR) PMI namun tentunya sekarang aku sibuk menyelesaikan studiku, mungkin ketika nanti studiku sudah beres aku tertarik untuk bergabung kembali dan memberikan pengetahuanku tentang pemetaan sistem informasi geografis dan kebencanaan kepada Palang Merah Indonesia yang melalui PMR telah memberiku inspirasi, 

Terima Kasih Palang Merah, Semangatmu Selalu Menginspirasiku.

No comments:

Post a Comment